Anti-Lock Braking

ABS - Bosch Mobility Solutions
ABS - Bosch Mobility Solutions

Bayangkan kalian sedang cruising motor santai di jalanan kota saat tiba-tiba sebuah mobil berhenti di depan kalian. Spontan tangan kalian menarik tuas rem kuat-kuat dan motor kalian berhenti dengan cepat tanpa banyak drama. Hanya saja, belakang kalian juga ikut mengerem mendadak dan nyaris jatuh karena rem motornya terkunci. Berkat fitur anti-lock braking system, kalian dapat menghindari terjadinya kecelakaan dengan mudah.

Anti-lock braking system (ABS) adalah sistem pengereman pada mobil ataupun motor yang mampu mengatur tekanan hidrolis rem agar tidak terkunci sepenuhnya. Sistem tersebut termasuk sistem keselamatan karena ABS dapat mencegah ban kalian selip saat mengerem mendadak. Dengan ABS, kalian dapat mengerem lebih cepat dan mengontrol kendaraan kalian dari celaka selama pengereman terjadi. 

Ada empat komponen utama pada sistem ABS: sensor kecepatan, katup rem ABS, pompa ABS, dan modul kontrol. Sensor kecepatan berfungsi untuk memberikan informasi kecepatan roda atau diferensial secara real-time dan mendeteksi terjadinya roda terkunci. Lalu ada katup rem ABS yang berfungsi untuk membuka, menutup, dan melepaskan tekanan hidrolik dari master silinder. Ketika katup rem ABS melepas tekanan hidrolik, tekanan tersebut dikembalikan oleh pompa ABS. Nah, ketiga komponen ini fungsinya dikontrol oleh otaknya yaitu modul kontrol ABS.

Bagaimana sih si ABS ini beraksi? Oke bayangkan kalian sedang menarik tuas rem motor kalian kuat-kuat. Sensor kecepatan ABS motor kalian memonitor kecepatan motor kalian dan mencari deselerasi yang tidak wajar. Modul kontrol ABS “tahu” bahwa “oh gak boleh nih deselerasinya,” sehingga mengurangi tekanan hidrolik sampai modul “merasakan akselerasi.” Saat akselerasi terasa, modul memberi tahu katup untuk menambah tekanan lagi dan prosesnya berulang seperti sebelumnya. Kalau kalian merasa rem ABS kalian “berdenyut,” nah itulah yang terjadi.

Itu dia guys penjelasan singkat mengenai cara kerja dari ABS! Kalau motor atau mobil kalian belum ada ABSnya, perlu diingat kalian masih bisa menghindari roda terkunci dengan “mendenyutkan” pedal rem. Stay tuned for more knowledge stuff ya guys!

From AutoVerso Media Instagram

Editorial: The AutoVerso Team

Sources: otoflik.com, gardaoto.com, autoexpose.org, auto.howstuffworks.com

https://www.otoflik.com/rem-abs/

https://www.gardaoto.com/blog/bagaimana-cara-kerja-rem-abs-pada-mobil-berikut-penjelasannya-2

https://www.autoexpose.org/2018/05/komponen-rem-abs.html

https://auto.howstuffworks.com/auto-parts/brakes/brake-types/anti-lock-brake.htm

Office:

Jl. Kedoya Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta Indonesia 11520

Phone : +62 817 007 3836

Email : contact.autoverso@gmail.com