Towing Bar

Tow Bar - philgilberttoyota.com.au
Tow Bar - philgilberttoyota.com.au

Sebelumnya saya harus jujur dulu kalau minggu ini saya kehabisan ide. Mau ngobrolin mesin, hmmm… kayaknya buat Sabtu deh. Jadinya saya keluar, keliling sebentar, lalu bertanya pada diri saya: “Kenapa ada banyak mobil yang pakai towing bar di bumper belakang?” Saya menemukan setidaknya dua atau tiga mobil dekat rumah saya sudah dipasang towing bar. Mungkin kalian lihat lebih banyak daripada saya. Mungkin.

Jadi apa itu towing bar atau towing hitch? Tow hitch adalah perangkat tambahan yang terpasang pada sasis kendaraan untuk menyambung kendaraan dengan kereta sambung. Bentuk umumnya terdiri dari rangka besi dengan “kaki” pengait ke sasis dan tow receiver seperti bola atau colokan. Beberapa tipe tow hitch juga memiliki lubang untuk mengaitkan pin ball hitch atau rantai karavan.

Keluarga tow hitch itu luas guys. Tow hitch sebenarnya memiliki banyak tipe dengan bentuk, kegunaan, dan cara pemasangan yang berbeda. Ada receiver hitch yang bisa dipasang di belakang atau depan mobil tergantung penggunaan. Lalu ada 5th wheel hitch dan gooseneck hitch yang bisa dipasang di bak truk pick-up heavy duty untuk menarik karavan besar. Nah di beberapa off-roader seperti Willys Jeep, ada juga tow hitch yang menyerupai kait bernama pintle hitch. Pintle hitch bisa menarik beban hingga 27 ton dan lumrah di penggunaan konstruksi. 

Kegunaan utama tow hitch atau tow bar adalah menyambungkan mobil dengan trailer. Trailer tersebut bisa berupa flatbed untuk mobil atau motor, karavan, box kuda, dan lain-lain. Di Indonesia, mobil yang “proper” dipasang tow hitch biasanya dipakai untuk menarik anhang motor atau mobil, box kuda, bike rack, genset, atau flat towing mobil. Namun, sayangnya, penggunaan tow bar di Indonesia sudah mengalami pergeseran karena banyak yang melihatnya sebagai “bumper penahan tabrak motor.” Supaya mobil terlihat gagah juga, katanya. 

Jadi, apakah kalian butuh tow bar? Kalau kalian memiliki anhang dan berencana untuk menarik motor atau sepeda kalian ke Bali misalnya, silakan pasang. Namun, apabila kalian menggunakannya untuk “bumper anti tabrak motor” atau kosmetik saja, lebih baik tidak usah. Mobil kalian cakep kok meskipun tidak ada tow bar!

From AutoVerso Media Instagram

Written by Rayhan Haikal (@txtdarierha)

Editorial: The AutoVerso Team

Sources: campway.com, curtmfg.com, gridoto.com, otodriver.com

https://www.campway.com/types-of-hitches/

https://www.curtmfg.com/basic-towing-components

https://www.curtmfg.com/types-trailer-hitches#HitchClasses

https://otomotifnet.gridoto.com/read/231951138/mengenal-fungsi-tow-bar-mulai-jenis-hingga-beban-angkut-salah-pasang-sasis-patah?page=all

https://otodriver.com/article/view/perangkat-towing-bar-beralih-fungsi-jadi-bumper-anti-tabrak-sepeda-motor/d3yLhirCMZJbsx-FYVNaadPhcmbSbuvWKwo__6iEbl4

Office:

Jl. Kedoya Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta Indonesia 11520

Phone : +62 817 007 3836

Email : contact.autoverso@gmail.com