Aston Martin V12 Zagato

Aston Martin V12 Zagato - motor1.com
Aston Martin V12 Zagato - motor1.com

Pertama kali dirilis pada tahun 2011 di acara Concorso d’Eleganza Villa d’Este, mobil ini adalah hasil kerjasama antara Aston Martin dan perusahaan desain Itali ternama yaitu Zagato. Mobil ini diperkenalkan kepada dunia untuk meng komemorasi kerjasama antara kedua merek ini yang sudah berjalan sepanjang 50 tahun. Dan tanpa basa-basi, saya akan mengatakannya saja. Mobil ini sangat indah. Italo-British engineering has never looked so good.

V12 Zagato tidak sepenuhnya dibangun dari nol.

Aston Martin V12 Zagato di desain dengan bantuan komputer dan juga patung yang dibuat dari tanah liat (Sculpted Clay). Hasil dari riset ini membuahkan desain yang menggabung bahasa desain tradisional dari Aston Martin dan juga Zagato, bahkan “Double Bubble” roof yang biasanya ditemukan di mobil Zagato ada juga pada mobil ini. V12 Zagato tidak sepenuhnya dibangun dari nol, mobil ini mengambil basis dari V12 Vantage, bahkan mesin V12 Zagato menggunakan mesin yang juga dipakai oleh V12 Vantage. 

Mesin V12 yang membekali mobil ini adalah mesin V12 (hence the name), 6,0 liter dengan tenaga 510 bhp dan torsi 569 newton meter. Tenaga buas tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan. Kemudian, agar weight distribution mobilnya optimal, transmisinya diletakkan di bagian belakang. Resep engineering ini mampu mendorong V12 Zagato dari 0-100 Km/h dalam hanya 4.2 detik dan kecepatan maksimal 305 Km/h.

V12 Zagato juga sempat membuktikan diri di sebuah kompetisi balap 24 jam!

V12  Zagato ini merupakan salah satu Aston Martin yang paling langka di dunia, karena hanya 65 unit dibuat untuk seluruh dunia. Dan dari 65 unit itu, 2 dipakai untuk balap di kompetisi Nurburgring 24 hours, dan dua lagi adalah varian Pre-Production. Di kompetisi Nurburgring 24 hours, Aston Martin mengejutkan dunia karena memakai mobil yang baru saja diluncurkan (beberapa minggu setelah launching) dan kedua mobil balap menyelesaikan balapannya di posisi yang cukup bagus, posisi 5 dan 6.

Tentunya, varian balap V12 Zagato sudah di oprek total, mulai dari pernak pernik aerodinamika, dan juga mesin V12 yang kini menghasilkan tenaga 530 horsepower. Di slide sebelumnya saya juga bilang ada dua varian pre-production, dari dua varian pre-production itu ada satu mobil yang cukup spesial, karena bodinya terbuat dari aluminium! Full body! Ini merupakan varian yang paling langka di lineup V12 Zagato, dan tidak lama lalu, mobil ini sempat muncul di lelang yang diselenggarakan oleh Bell Sport & Classic.

From AutoVerso Media Instagram

Written by Kevin Bako (@midoristage)

Editorial: The AutoVerso Team

Sources: evo.co.uk, astonmartin.com, petrolicious.com

https://www.evo.co.uk/aston-martin/v12-vantage/11837/aston-martin-v12-zagato-price-specs-and-pictures

https://www.evo.co.uk/aston-martin/v12-vantage/11808/aston-martin-v12-zagato-nurburgring-24-hour-racer 

https://www.astonmartin.com/en-us/models/past-models/v12-zagato

https://petrolicious.com/articles/one-of-one-fully-aluminium-bodied-v12-zagato-up-for-auction

Office:

Jl. Kedoya Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta Indonesia 11520

Phone : +62 817 007 3836

Email : contact.autoverso@gmail.com