Bugatti Chiron Pur Sport

Bugatti Chiron Pur Sport - bugatti.com
Bugatti Chiron Pur Sport - bugatti.com

Bugatti Chiron sudah terkenal akan reputasinya sebagai salah satu mobil paling kencang yang pernah diproduksi di abad ke-21. Namun, “Speed isn’t everything”, jadi Bugatti memutuskan untuk merilis Pur Sport, Chiron yang memberi prioritas lebih kepada handling daripada kecepatan. Bugatti mengklaim bahwa Chiron Pur Sport adalah “The Purest Bugatti Ever” karena mampu menakluk jalanan berliku-liku dengan sangat presisi. Chiron Pur Sport diklaim memberi sensasi mengemudi yang jauh lebih ekspresif dibanding Chiron yang biasa.

Agar Bugatti Chiron Pur Sport ini bisa memiliki handling yang optimal, Bugatti telah mengoprek beberapa titik dari bagian mekanis mobilnya. Chassis, girboks, dan mesin telah di engineer ulang agar mobil buas ini tidak hanya menakluk jalanan lurus, namun juga jalanan yang berliku-liku. Bahkan, Bugatti pun telah mengorbankan top speed agar mobilnya bisa lebih maksimal di bagian handling, alhasil, kecepatan maksimal Pur Sport ini hanya mencapai 218 Mph (350 km/h). Angka tersebut tetap impresif, namun untuk sebuah Bugatti, itu tidak di anggap terlalu kencang.

Unsurprisingly, the Pur Sport won’t come cheap.

Jika kecepatan maksimal yang dikejar, maka mungkin opsi lebih baik adalah Bugatti Chiron Super Sport 300+, karena mobil ini mampu melaju hingga 440 Km/h. Jika kalian penasaran dengan Super Sport 300+, pantau terus feed kita, akan kita buat artikel terpisah untuk itu. Nah, kembali ke Chiron Pur Sport, mobilnya hanya akan diproduksi sebanyak 60 unit saja, dan harganya (Jangan harapkan harga murah dari Bugatti) di kisaran 3 juta USD! Sadis ya! Harga itu tidak terlalu membuat saya kaget, karena seperti yang kalian tahu, sebuah Bugatti hanya dibeli oleh individu-individu yang sudah memiliki kebanyakan duit.

Bugatti Chiron Pur Sport - motor1.com
Bugatti Chiron Pur Sport - motor1.com

Kembali lagi ke masalah performa, meskipun kecepatan maksimalnya hanya 350 km/h, angka itu electronically limited, jadi mungkin ECU nya bisa di otak-atik agar tenaga mesinnya lebih kencang lagi. Tapi apakah sebuah Bugatti bisa di dastek? Hmm… 

Resep di ruang mesin tetap sama seperti Chiron yang biasa, mesinnya adalah 8,000 cc W16 Quad Turbo dengan tenaga 1,500 horsepower dan 1,600 newton meter. 500 horsepower saja sudah sangat kencang bagi saya, bagaimana jika 1,500 horsepower! Sadis sekali! Meskipun mesin adalah unit yang juga dipakai di Chiron yang biasa, mesin W16 yang dipakai oleh Pur Sport telah di tuning ulang agar throttle response nya jauh lebih cepat, meng akselerasi menjadi lebih gampang. Oh! Dan bagi yang belum tahu, Bugatti Chiron bisa menguras tangki bensinnya dari full sampai 0 hanya dalam 9 menit jika melaju di kecepatan maksimalnya. CEPAT SEKALI BUNG!

Chiron Pur Sport terlihat lebih agresif dibanding Chiron yang biasa.

Tenaga buas tersebut disalurkan melalui transmisi 7 percepatan Dual Clutch, transmisi tersebut sangat cocok untuk mobil sekencang ini, dan transmisi Dual Clutch dari VW Group adalah salah satu yang terbaik di dunia saat ini, shiftingnya sangat cepat dan presisi. Namun bukan hanya tenaga saja yang buas, bodi dari Chiron Pur Sport juga tampak lebih agresif, karena Pur Sport memprioritaskan aerodinamika dan juga handling, kini Chiron dilengkapi dengan sayap yang besar agar mobilnya nempel kepada aspal. Selain dari spoiler belakang, sepertinya bagian bumper depan, kap depan dan juga side skirt juga telah diganti agar airflow jauh lebih lancar ketika mobilnya melaju di kecepatan tinggi.

Jika kalian diberikan opsi, apakah kalian pilih Chiron Pur Sport atau Chiron yang biasa? 

From AutoVerso Media Instagram

Written by Kevin Bako (@midoristage)

Editorial: The AutoVerso Team

Sources: petrolicious.com, bugatti.com, motor1.com, topgear.com

https://petrolicious.com/articles/bugatti-chiron-pur-sport-hits-the-nurburgring

https://www.bugatti.com/chiron-pur-sport/

https://www.motor1.com/news/414228/bugatti-chiron-pur-sport-top-speed/

https://www.topgear.com/car-news/big-reads/all-hail-new-bugatti-chiron 

https://www.motor1.com/news/369478/bugatti-chiron-super-sport-300/

Office:

Jl. Kedoya Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta Indonesia 11520

Phone : +62 817 007 3836

Email : contact.autoverso@gmail.com