Initial D: 7 Mobil Favorit Kami

Nissan Sileighty - imcdb.org
Nissan Sileighty - imcdb.org

Nissan Sileighty 

Sileighty merupakan salah satu mobil kesukaan saya karena memiliki gabungan dari dua mobil “S-Chassis” kesukaan saya, yaitu Nissan Silvia S13 untuk bagian depan, dan Nissan 180SX untuk bagian belakang. Pada awalnya, konversi Sileighty dilakukan untuk mobil-mobil 180SX yang memiliki bagian depan yang rusak, namun untuk mengurangi pengeluaran, solusi yang murah adalah untuk memakai muka depan Nissan Silvia S13. Sileighty ini yang dari Initial D dikemudikan oleh Mako Sato, dan mesin 4 silinder 2,0 liter turbo (SR20DET) telah di tuning agar menghasilkan tenaga di kisaran 230 horsepower. 

Kita pernah mengulas mobil ini di artikel tentang mobil-mobil JDM Oplas! Dibaca juga ya!

Toyota Altezza RS200 - carthrottle.com
Toyota Altezza RS200 - carthrottle.com

Toyota Altezza RS200

Saya memilih Altezza RS200 yang dipakai oleh Nobuhiko Akiyama karena mesinnya. Altezza RS200 sudah dilengkapi dengan mesin 4 silinder, 2 liter berkode 3S-GE BEAMS (Breakthrough Engine Advanced Mechanism System). Mesin ini merupakan evolusi terakhir dari mesin seri “3S-GE” tenaga 197 horsepower serta torsi di kisaran 200 newton meter. Mesin ini kerap dipakai para tuner untuk engine swap karena mesin yang kompak, serta tenaga tinggi yang bisa didapatkan dari mesin istimewa ini. Oh ya! Mesin ini juga sudah Dual VVT-i! Cukup canggih untuk zamannya. Bodi yang kompak dari Altezza juga sangat cukup untuk jalanan berliku-liku di Mt Akina!

Mazda Savanna RX7 (FC3S) - carthrottle.com
Mazda Savanna RX7 (FC3S) - carthrottle.com

Mazda SAVANNA RX-7 (FC3S)

Ini dia, bisa dibilang RX-7 FC ini adalah RX-7 generasi “FC” yang paling ikonik.  Sebelum saya mengetahui Initial D, pengetahuan saya terhadap RX-7 hanya ada pada RX-7 FD3S saja. 

FC RX-7 mengambil inspirasi desain dari Porsche 924 dan juga 944, pantesan saja mirip dengan Porsche jika dilihat dari jauh. RX-7 “RedSuns” kepunyaan Ryosuke Takahashi dibekali oleh mesin Rotary 13B-T Twin Rotor yang memiliki tenaga 350 horsepower. Aksesoris modifikasi mobil ini sering diubah oleh Ryosuke, seperti bucket racing seats, lip depan Fujita Engineering, setir MazdaSpeed, velg Work Meister, velg Watanabe Eight Spoke dan lain sebagainya. Mobil ini dikasih julukan “The White Comet of Akagi”.

Subaru Impreza WRX STI Type R Version V - pinterest.org
Subaru Impreza WRX STI Type R Version V - pinterest.com

Subaru Impreza WRX STi Type R Version V

Subaru Impreza ini dibeli oleh Bunta untuk mengajarkan anaknya, Takumi, agar mengetahui karakter dari sebuah mobil AWD. Namun pada awalnya, Takumi tidak mengetahui bahwa bapaknya telah membeli sebuah Subaru. Impreza ini dibekali oleh mesin EJ20 Turbo dengan tenaga 276 horsepower, serta torsi di 347 Newton Meter. Impreza generasi GC8 adalah generasi yang menurut saya paling keren! Apalagi jika Impreza nya memiliki dua pintu seperti mobil Reli yang dipakai oleh Colin McRae di WRC! 

Civic vs AE86 - fandom.com
Civic vs AE86 - fandom.com

Honda Civic Type R (EK9) 

Civic Type R ini adalah mobil “Demo Car” kepunyaan Todo School. Sekolah ini seringkali memakai Civic EK9 untuk mengajarkan murid-muridnya agar bisa membalap secara profesional. EK9 “Demo Car” ini sempat dipakai oleh Tomoyuki Tachi untuk balap melawan Takumi. Yang paling stand out dari modifikasi mobil ini adalah mesinnya. Dari pabrik, EK9 

Type R dibekali oleh mesin 1,6 liter B16, namun mobil yang dipakai oleh “Touch” ini telah di stroke up menjadi 1,8 liter yang dimodifikasi “Spoon” hingga menghasilkan tenaga di kisaran 260 horsepower! Angka tersebut di mobil mungil macam ini pastinya akan terasa sangat ganas! Mobilnya juga sudah diberi beberapa modifikasi merk “Spoon” lainnya seperti velg Spoon SW388, knalpot Spoon, kap mesin Carbon Fiber buatan Spoon, sistem pengereman dari Spoon dan juga bumper depan dari Spoon.

Suzuki Cappuccino - carthrottle.com
Suzuki Cappuccino - carthrottle.com

Suzuki Cappuccino

Sebuah Kei Car yang dipakai untuk balap, because why the hell not, right? Cappuccino yang kalian lihat ini tidak seperti mobil yang keluar dari pabrikan. Cappuccino yang dikemudikan oleh Sakamoto kini telah di tuning hingga memiliki 130 horsepower! Padahal dari pabrikan cuman ada 64 horsepower! Torsi juga sudah naik dari 85 newton meter menjadi 147 newton meter! Mobil ini memang sangat cocok untuk jalanan berliku-liku “Touge” ini namun meski sudah dimodifikasi, Cappuccino masih kalah di jalanan lurus. Tapi hebatnya, Cappuccino milik Sakamoto ini sempat mengalahkan AE86 kepunyaan Takumi!! Hebat ya! Sudah baca artikel kita tentang Cappuccino??

AE86 Takumi - carthrottle.com
AE86 Takumi - carthrottle.com

Toyota Sprinter Trueno GT-APEX (AE86)

Finally, here it is! I’ve saved the best for last! Ini adalah Trueno kepunyaan Takumi yang tadinya sering dipakai oleh bapaknya (Bunta). Sejak Takumi berumur 12 tahun, dia sering membawa AE86 nya ke sebuah hotel setiap hari pada jam 4 pagi. Jam terbang Takumi membuat dia pembalap kedua terbaik di Akina setelah Bunta. Trueno ini awalnya memakai mesin 4A-GEU 16 valve dengan tenaga 150 horsepower. Namun ketika mesinnya jebol, diganti menjadi TRD Group A 4A-GELU Silvertop dengan tenaga 240 horsepower! Tenaga yang lebih dari cukup untuk sebuah Trueno. Trueno milik Takumi ini dimodifikasi dengan velg khas Watanabe 8 spoke, LSD merk TRD, knalpot Fujitsubo, suspension kit TRD, jok TRD, kap mesin carbon fiber TRD dan lain sebagainya. Tanpa Initial D, mungkin saja reputasi Trueno AE86 tidak akan terkenal seperti sekarang!

From AutoVerso Media Instagram

Written by Kevin Bako (@midoristage)

Editorial: The AutoVerso Team

Sources: myanimelist.net, autotrader.ca, carthrottle.com, initiald.fandom.com


Office:

Jl. Kedoya Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta Indonesia 11520

Phone : +62 817 007 3836

Email : contact.autoverso@gmail.com