Mercedes Unimog

Mercedes Unimog - 95octane.com
Mercedes Unimog - 95octane.com

Unimog lahir dari kebutuhan rakyat Jerman setelah Perang Dunia II.

Unimog! Adakah kalian yang mengetahui bahwa nama itu ada artinya? Dari yang saya baca,  nama Unimog artinya adalah pendek dari “UNIversal-MOtor-Gerät”, dan kata “Gerät” artinya adalah “alat”. Ide dari Unimog ini keluar setelah berakhirnya Perang Dunia 2, seorang insinyur Daimler-Benz bernama Albert Friedrich mengumpulkan sebuah tim yang akan membuat mobil untuk kepentingan agrikultur yang sedang diminati rakyat Jerman pada saat itu.

Pada awalnya, proyek ini bukan bagian dari Daimler-Benz, justru perusahaan bernama Erhard & Sons menjadi rekan dalam tahap pengembangan Unimog ini. Produksi Unimog dimulai pada tahun 1948 di pabrik Boehringer, namun pada tahun 1951, proyek Friedrich resmi menjadi bagian dari Daimler-Benz karena kebutuhan dana yang cukup banyak. Lalu pada tahun 1953, Unimog pertama dengan logo Mercedes diluncurkan, dua tahun kemudian, Unimog S (Unimog 404) diluncurkan ke publik, varian “S” ini terkenal sebagai salah satu Unimog yang paling laris dan sering dipakai untuk keperluan militer, adventure, dan pemakaian pribadi/sipil hingga berakhir produksi di 1980.

Unimog adalah kendaraan yang serbaguna yang memiliki “fanbase” besar.

Di tahun 1970-an, Mercedes-Benz menambah line up Unimog dengan varian 425 yang dikembangkan untuk kepentingan agrikultur, lalu ada juga varian 435 yang sedikit lebih besar dan sering dipakai oleh instansi militer, pemadam kebakaran dan lain sebagainya. Di saat varian 435 dirilis dan diproduksi hingga 1993. Unimog sudah dikenal sebagai truk yang andal dan serbaguna, ini adalah bukti bahwa Mercedes tidak hanya mampu membuat mobil yang berkualitas tinggi, namun juga truk yang berkualitas tinggi. Karena reputasi ini, Unimog memiliki penggemar di seluruh dunia, bentuknya pun sudah menjadi sebuah trademark untuk Mercedes.

Unimog selalu siap untuk sebuah “Challenge”.

Unimog sudah berumur puluhan tahun, namun Mercedes selalu mempertahankan satu karakteristik desain yang khas untuk Unimog, dan itu adalah cab nya. Unimog selalu memiliki desain cab yang pendek, dan ada semacam hidung yang mancung ke bawah, lalu bagian belakangnya memiliki fleksibilitas yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pemilik Unimog. Ukuran kompak Unimog, serta ketangguhannya memberi truk ini sebuah unggulan dibanding truk lainnya di pasar, mungkin dipakai harian juga bisa kali ya? hahaha!

Saat ini, Mercedes Unimog masih diproduksi dan memiliki berbagai macam varian. Dimulai dari varian U20 yang sama sekali tidak terlihat seperti sebuah Unimog, lalu ada juga U300, U400, dan U500 yang berukuran “Mid-Size”, dan ada juga U4000 serta U5000 yang ibaratnya paling POL dalam kasta Unimog, dua varian tersebut bisa dipakai kemana saja tanpa masalah yang membebankan pengemudi. Menurut saya, jika kalian sedang minat untuk membeli Unimog, saya suggest kalian langsung beli yang U4000/U5000 karena sudah dilengkapi dengan teknologi All-Wheel-Drive yang canggih, sehingga bisa dibawa offroad!

Unimog dibekali oleh berbagai macam mesin turbo-diesel 4 silinder ataupun 6 silinder yang bertorsi besar. Tidak mengagetkan, karena di truk seperti ini, torsi yang paling penting ketika membawa beban yang banyak. 

If versatility and “Tough-ness” is what you need, then go get a Unimog!

From AutoVerso Media Instagram

Written by Kevin Bako (@midoristage)

Editorial: The AutoVerso Team

Sources: emercedesbenz.com, auto.howstuffwork.com, unimogmeister.com

Office:

Jl. Kedoya Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta Indonesia 11520

Phone : +62 817 007 3836

Email : contact.autoverso@gmail.com