The New Ford Bronco

New Ford Bronco - ford.com
New Ford Bronco - ford.com

Mari kita mulai artikel ini dengan McLaren Senna. Mengapa Senna? Karena Ford Bronco varian dua pintu memiliki persamaan dengan supercar asal Surrey itu. Selain memiliki 4 roda dan dua pintu, Ford Bronco dan McLaren Senna memiliki “kolong” di bagian bawah pintu! Namun, jika McLaren Senna menaruh kaca Polycarbonate di pintu bawah, Ford Bronco dibiarkan kosong bolong agar angin segar bisa masuk ke dalam kabin! Oh ya! Bukan hanya itu saja, pintu dan atap dari Ford Bronco bisa dicopot! Khusus untuk Bronco 2 dan 4 pintu.

Ok! Enough about the doors, yuk kita bahas Bronco. Bronco terbaru ini merupakan Bronco yang pertama sejak tahun 1996, dan Bronco terbaru ini memiliki sebuah desain “retro-futuristic”, dimana mobilnya mencampur desain original Ford Bronco generasi pertama dan styling cues yang sedang trending di mobil 4×4 saat ini. Ada dua macam Bronco, ada Bronco dan juga Bronco Sport. Bronco Sport masuk dalam kategori compact crossover SUV. Kita mulai dengan Bronco dulu ya! Bronco dijual dengan konfigurasi 2 serta 4 pintu, at first glance, bentuk dari Bronco baru ini meyakinkan saya bahwa mobilnya adalah sebuah “Fully-fledged Off-Roader”.

Ford menawarkan Bronco (2 pintu maupun 4 pintu) dengan berbagai macam level trim, dimulai dari “Base” (The one i’d get), Big Bend, Black Diamond, Outer Banks, Badlands, Wildtrak, dan First Edition. Trim levelnya sengaja dibuat banyak oleh Ford karena mereka tahu bahwa pemakai Bronco akan memakai mobilnya untuk berbagai macam kebutuhan, contohnya trim “Base” cocok untuk pengemudi yang tidak terlalu peduli akan fitur-fitur modern/canggih, lalu juga ada “Outer Banks” yang dilengkapi dengan aksen-aksen “elegan” bagi yang hanya ingin memakai Bronco-nya di dalam kota (alias SUV perkotaan). Lalu “Wildtrak bagi penggemar “High-Speed Off-Roading”, mungkin cocok untuk berkompetisi di Dakar Rally. 

New Ford Bronco Sport - ford.com

Gone are the days when almost all American cars had V8s

Bronco generasi lawas biasanya selalu tersedia dengan mesin V8, namun zaman sekarang semua pabrikan sudah mulai “downsizing”, dan ini juga diterapkan kepada Bronco. Bronco bisa didapatkan dengan dua tipe mesin, 4 silinder 2.3 liter EcoBoost Turbo dengan tenaga 270 horsepower serta torsi sebesar 420 newton meter, lalu mesin kedua adalah V6 2.7 liter EcoBoost Twin-Turbo dengan 310 horsepower dan torsi 542 newton meter. Tenaga tersebut disalurkan melalui pilihan dua transmisi, 7 speed manual buatan Getrag (HOORAY! A MANUAL!), atau transmisi otomatis 10 percepatan. Saran saya sih pilih manual nya saja, siapa sih yang butuh 10 speed? Itu kebanyakan woi!

Agar Bronco siap untuk melibas segala jenis tipe permukaan, Ford telah merancang Bronco dengan konfigurasi “Body-on-frame” agar tahan banting, lalu Ford juga memasang fitur G.O.A.T. yang artinya Goes Over Any type of Terrain. Sistem ini memberi pengemudi fleksibilitas untuk merubah settingan suspensi dan 4WD dengan memilih antara Sand, Slippery, Sport, Eco dan Normal. Akan tetapi, Bronco varian “Badlands” mendapat dua tambahan setting bernama Mud/Ruts dan Rock Crawl, selebihnya, settingan “Sport” diganti dengan “Baja” di versi “Badlands”. Dan jika pengemudi malas untuk melibas jalanan Off-Road secara sendiri, Ford telah menyediakan sistem “Trail Control”, sistem ini adalah sebuah “Cruise Control” untuk jalanan Off-Road. Canggih yaa!

Selain dari Ford Bronco yang menjiwai leluhur-leluhurnya, Ford juga merilis pemain baru untuk berkompetisi di segmen Crossover SUV. DAN! Namanya juga Bronco, lebih tepatnya “Bronco Sport”. Berbeda dengan kakaknya, Bronco Sport menggunakan konfigurasi “Unibody”, dan Ford menyatakan mobil ini dirancang untuk membawa berbagai macam equipment untuk berpetualang seperti dua buah mountain bike di bagasi, kayak, ski, dan lain sebagainya.

Saya menganggap Bronco Sport ini sebagai Bronco yang telah di kebiri.

Bisa dibilang bahwa Ford Bronco Sport ini adalah Ford Escape yang sedikit lebih “berani” dalam melaju di permukaan khusus untuk mobil off road, namun menurut saya mobil ini tidak se-keren Ford Bronco yang aslinya. Ford telah memuatkan sistem G.O.A.T. di Bronco Sport juga seperti di kakaknya, namun pilihan mesin serta transmisi berbeda. Bronco Sport bisa didapatkan dengan mesin 1.5 liter tiga silinder EcoBoost dengan 181 horsepower dan 257 newton meter. Mesin kedua adalah 4 silinder 2.0 liter yang mampu menghasilkan 245 horsepower serta torsi 372 newton meter.

From AutoVerso Media Instagram

Written by Kevin Bako (@midoristage)

Editorial: The AutoVerso Team

Sources: jalopnik.com, ford.com

Office:

Jl. Kedoya Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta Indonesia 11520

Phone : +62 817 007 3836

Email : contact.autoverso@gmail.com