Robert Opron

Robert Opron - drive-my.com
Robert Opron - drive-my.com

Kenalkah kalian dengan mobil-mobil seperti Citroen SM, Citroen GS dan Citroen CX? Suka dengan desainnya? Kalau suka berarti kalian harus berterima kasih kepada Robert Opron. Beliau adalah muka utama dari desain mobil Perancis dari tahun 1960-an hingga 1980-an.

Robert Opron is an iconic figure in the French Automotive Industry.

Berbeda dengan mayoritas desainer otomotif jaman sekarang, Robert Opron yang lahir pada Februari 22 1932 adalah seorang seniman yang terlatih di sebuah sekolah seni terkenal di Paris yang bernama École des Beaux-Arts dengan aspirasi untuk menjadi arsitek, namun beliau gagal dan akhirnya memilih untuk belajar mengenai teknik melalui berbagai macam buku milik Bapak dari Istrinya.

Robert memulai karirnya di sebuah pabrik “mesin” dan perusahaan pesawat. Pada tahun 1952, Robert Opron mendapat kerja di sebuah perusahaan yang mendesain mesin untuk memproduksi gula. Sembari kerja, beliau juga mengambil kursus teknik untuk memperluas dan menyempurna keterampilan untuk masa depan. Lalu pada tahun 1954 Robert pindah ke perusahaan pesawat dan ditugaskan untuk mendesain “instruction manual” yang ditujukan untuk membantu para pekerja pabrik yang tidak bisa membaca atau menulis. Unik sekali ya?

Pada tahun 1957, Robert Opron mengeluarkan salah satu desain pertamanya untuk mobil yaitu Simca Fulgur. Mobil tersebut adalah sebuah konsep yang terlihat seperti pesawat luar angkasa, unik sekali! Seperti sesuatu yang bisa ditemukan di acara televisi “The Jetsons”. Tidak lama kemudian, Robert menemukan lowongan kerja “desainer” yang diiklankan di koran, namun iklan itu tidak menyebutkan nama perusahaannya, tapi ternyata Citroen adalah perusahaan yang mencari desainer, dan akhirnya Robert bertemu dengan kepala personil Citroen.

Robert diminta untuk bertemu dengan Flaminio Bertoni, namun impresi pertama Robert terhadap Bertoni agak negatif. Setelah pertemuan pertama dengan Citroen, Robert diminta untuk balik lagi untuk bertemu dengan Flaminio Bertoni, desainer Citroen DS, Traction Avant, Ami 6 Sedan dan HY Van. Dalam pertemuan ini, Robert cukup kesal dengan Bertoni yang telat, dan membuang portfolio Robert ke lantai dengan tongkatnya dan karena itu, Robert pulang penuh dengan kekesalan. Akan tetapi, ternyata Robert mendapat jabatan desainer itu untuk Citroen, dan kelakuan Bertoni “tidak sopan” yang dilakukan kepada Robert hanya sebuah ujian untuk melihat reaksinya.

Saat memulai karir di Citroen, Robert hanya akan semakin mahir dalam mendesain apapun yang berbau otomotif. Dimulai dengan mendesain ulang Citroen Ami 6, lalu berlanjut untuk mendesain ulang Citroen DS yang kini memakai lampu depan yang mengikuti lampu depan. Akan tetapi, salah satu desain “Magnum Opus” atau masterpiece dari Robert Opron akan selalu menjadi Citroen SM. Mobil itu salah satu mobil tercantik yang pernah saya lihat. Foto foto tidak akan cukup, kalian harus melihat secara langsung untuk mengapresiasi karya seni yang istimewa ini. Opron mengatakan ketika mau mengembangkan SM, manajemen menginginkan sebuah mobil kecil, namun desainer bertalenta ini merekomendasikan sebuah “Prestige Grand Tourer” saja, dan untungnya manajemen akhirnya setuju!

Di Citroen, Robert Opron juga menghasilkan beberapa karya lainnya seperti Citroen CX, Citroen GS yang tergolong sukses. Pada tahun 1974, Citroen bangkrut dan akhirnya gabung bersama Peugeot. Robert Opron pindah ke Renault dan mengimplementasikan “Design Language” khas milik dia ke beberapa mobil unik seperti Renault Fuego, Renault 9 (berhasil menang European Car of the year tahun 1982), dan juga Alpine A310 karena Alpine adalah anak perusahaan dari Renault. Dari Renault, Robert pindah lagi ke Fiat dan mendesain mobil yang menurut saya mengimplementasikan desain “Brutalist” dengan cara yang baik, dan mobilnya adalah Alfa Romeo SZ. Portfolio Nya sungguh unik ya? 

The Automotive world needs more people like Robert Opron to create interesting cars, especially today!

From AutoVerso Media Instagram

Editorial: The AutoVerso Team

Sources: petrolicious.com, peoplepill.com, influx.co.uk, drive-my.com

https://petrolicious.com/articles/citroen-head-of-design-robert-opron-was-defiant-perseverant

https://peoplepill.com/people/robert-opron/

https://www.influx.co.uk/features/robert-opron-french-car-design/

https://drive-my.com/en/history/186-robert-opron-giant-of-french-car-design-interviewed.html

Office:

Jl. Kedoya Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta Indonesia 11520

Phone : +62 817 007 3836

Email : contact.autoverso@gmail.com